Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang bersifat fisik. Komponen ini ialah sebuah unsur yang dapat dilihat dan disentuh. Beberapa macam perangkat keras komputer di antaranya yaitu CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkatperangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, contohnya selaku alat input, alat proses, media penyimpanan data, atau alat output.

 merupakan suatu komponen yang bersifat fisik Perangkat Keras Komputer (Hardware)

1. Alat Input (Input) 

Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan arahan-isyarat perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yang termasuk alat input yaitu keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon. 

a. Keyboard 

Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa aksara, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dilaksanakan oleh komputer. Oleh alasannya itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik. Keyboard terdiri atas tombol-tombol berupa kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa metode operasi, kalau dua tombol ditekan secara berbarengan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau cara pintas yang sudah dikelola sebelumnya.

Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling terkenal dan lazim digunakan yaitu tata letak QWERTY yang meniru tata cara tata letak huruf pada mesin ketik. Keyboard tipe baru mempunyai tombol tambahan di bab atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya) untuk membuat lebih mudah pengguna dalam mengoperasikan komputer.

b. Mouse 

Mouse adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan sebagai perintah praktis dan cepat daripada keyboard. Bentuk mouse yang paling lazim mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.

Mouse pertama kali dibuat pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga buah tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengenali posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini diketahui dengan nama X-Y Position Indicator.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan memakai bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih terbaru sudah tidak memakai bola lagi, namun menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang telah memakai teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Pada mouse mekanik, bola akan berputar pada dikala mouse digerakkan. Penggulung mouse akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan. Cakram akan menerjemahkan gerakan menjadi aba-aba optikal lewat lubang cahaya. LED inframerah akan memancarkan melalui cakram. Setelah itu, sensor akan menghimpun pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y kursor pada monitor.

c. Gamepad 

Gamepad, diketahui juga dengan joypad atau controlpad, ialah tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad biasanya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad terbaru lazimnya mempunyai tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.

Gamepad dapat dipakai sebagai alat input pada komputer, asalkan memiliki connector yang tepat dengan port pada CPU. Namun, kini sudah banyak dijual gamepad yang mampu dipakai pada komputer.

d. Joystick 

Joystick yaitu alat input pada komputer berupa tuas yang mampu bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya dipakai selaku peleng-kap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. 

e. Scanner 

Scanner yakni perangkat yang dipakai untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, mirip dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer selaku data digital. Oleh alasannya adalah itu, scanner merupakan alat input data berbentukgambar atau dokumen.

Jika dikelompokkan menurut cara memasukkan kertas, scanner terdiri dari dua jenis, yaitu selaku berikut. 

1) Flatbed 
Pada scanner flatbed, kertas ditaruh di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk menemukan gambarnya.

2) Automatic Document Feeder (ADF) 
Pada scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas ditaruh pada baki/tray, kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bab mekanik scanner yang berada di assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner melakukan pekerjaan untuk mendapatkan gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) yakni: 
  • Kecepatannya tinggi, dapat meraih lebih dari 10.000 lembar per jam. 
  • Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada ketika yang bersama-sama. 
  • Scanner dapat menawarkan tanda pada lembaran yang telah dipindai. 

f. Touchpad 

Touchpad yaitu pad kecil yang dibuat dari materi yang sensitif kepada sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) alasannya adalah memiliki bab sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).

g. Trackball 

Trackball yakni alat penanda berbentukbola kecil yang berada di dalam suatu alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus beberapa kali untuk mampu mengoptimalkan atau menurunkan layar.

h. Web Camera 

Web camera (webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web camera sederhana berisikan sebuah lensa kriteria untuk menangkap sinyal gambar, casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa persyaratan, lubang lensa di casing depan yang memiliki kegunaan untuk memasukkan gambar, kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke komputer dan ujung satu lagi mempunyai connector.

Sebuah web camera umumnya dilengkapi dengan software yang mampu mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Selain gambar, web camera juga dapat mengambil video dari kamera digital sehingga dapat disimpan dalam komputer. Oleh sebab itu, web camera merupakan alat input data berbentukgambar dan video.

Ada banyak sekali macam merek web camera, di antaranya yakni Logitech, Sunflower, dan sebagainya. Webcam lazimnya mempunyai resolusi sebesar 352 × 288 atau 640 × 480 piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1 megapiksel. Sekarang, hampir semua kamera digital dan HP dapat dijadikan selaku web camera.

i. Mikrofon

Mikrofon ialah alat input yang berfungsi untuk mengubah gelombang suara menjadi isyarat listrik. Data yang mampu dimasukkan ke dalam komputer lewat mikrofon berupa gelombang bunyi atau suara. Mikrofon sering dipakai untuk proses perekaman suara ke komputer.

2. Central Processing Unit (CPU) 

Central processing unit (CPU) ialah perangkat keras yang berfungsi selaku alat proses. CPU mengatur seluruh proses, dimulai dari proses perkiraan, pengolahan data, pembuatan gambar, bahkan pembuatan bunyi. Data-data yang diolah dalam CPU merupakan data yang dimasukkan melalui alat input atau yang tersimpan dalam media penyimpanan. 

Oleh karena itu, CPU dibilang sebagai sebuah bagian perangkat keras paling penting pada komputer. Selain itu, CPU juga berfungsi untuk mengontrol kerja dari perangkat keras-perangkat keras yang lain, mirip printer, mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya. 

CPU terdiri dari berbagai komponen perangkat keras yang berfungsi selaku alat proses, di antaranya yakni motherboard, processor, memory, VGA, modem, dan sound card. Pada bab belakang kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Berikut ini adalah klarifikasi dari alat-alat tersebut. Ayo cermati dengan saksama.

a. Motherboard (Mainboard) 

Motherboard (mainboard) adalah papan sirkuit kawasan banyak sekali komponen komputer saling terhubung. Pada motherboard terdapat beberapa slot untuk meletakkan perangkat yang lain, seperti slot memory, slot VGA card, slot soundcard, slot modem, dan sebagainya. 

b. Processor 

Processor ialah bab utama dari CPU. Processor memiliki fungsi yang sama mirip halnya otak pada manusia, yakni mengatur semua kinerja dari bagian CPU lainnya, mirip mengatur penjadwalan proses, mengendalikan komunikasi antarbagian pada CPU, dan mengendalikan proses perkiraan. 

c. Memory 

Memory ialah bagian dari CPU yang berfungsi untuk menyimpan isyarat-instruksi dan data-data yang diharapkan untuk melakukan operasinya. Semakin besar kapasitas memory CPU, semakin cepat proses pembuatan datanya.

Memory dibedakan menjadi dua jenis, yakni: 

1) ROM (Read Only Memory) 
Read only memory ialah memory yang cuma dapat dibaca oleh CPU. Dengan kata lain, isu yang terkandung didalamnya bersifat statis atau tidak dapat berubah-ubah. ROM bersifat nonvolatile, artinya data atau gosip yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang jika tenaga listriknya dipadamkan. 

2) RAM (Random Acces Memory) 
Random access memory ialah memory yang sering berafiliasi dengan processor. RAM merupakan tempat penyimpanan segala data dan berita yang dibutuhkan oleh processor dalam suatu operasi. RAM bersifat volatile, artinya data atau gosip yang tersimpan di dalamnya akan hilang bila tenaga listrik dipadamkan. Mengapa demikian? Hal ini terjadi alasannya data dan informasi yang tersimpan di dalamnya cuma bersifat sementara. 

d. VGA 

VGA (Video Graphics Adapter) adalah persyaratan penampilan komputer yang berkhasiat untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Dalam penggunaannya, VGA ada yang sudah tergabung di dalam motherboard, dan ada juga yang berupa kartu VGA yang ditaruh pada port VGA dalam motherboard. 

Hal ini bergantung pada spesifikasi motherboard, apakah VGAnya onboard atau tidak. Untuk proses rancangan grafis atau bermain video game di komputer dibutuhkan kartu VGA yang berdaya tinggi biar komputer mampu dioperasikan. 

e. Modem 

Modem berasal dari abreviasi Modulator Demodulator. Modulator ialah bab yang mengganti sinyal info menjadi sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan, demodulator yaitu bab yang memisahkan sinyal gosip (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut mampu diterima dengan baik.

Data dari komputer yang berupa sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut mampu diantarkan melalui beberapa media telekomunikasi, seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan diantarkan kepada komputer.

Berdasarkan letaknya pada komputer, modem dibedakan menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal letaknya di dalam CPU, ialah pada slot modem yang terdapat dalam motherboard. Sedangkan, modem eksternal letaknya di luar CPU dan dihubungkan dengan kabel penghubung ke CPU.

f. Sound Card 

Sound card (kartu suara) ialah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memproses data digital berupa suara. Pada mulanya, sound card hanyalah selaku embel-embel dari komputer. Namun kini, sound card merupakan perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibedakan menjadi tiga, ialah: 
  1. Sound card onboard, yakni sound card yang melekat langsung pada motherboard komputer. 
  2. Sound card offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/ PCI pada motherboard. 
  3. Soundcard external, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer lewat port eksternal, seperti USB atau firewire.
Data digital yang berupa bunyi akan diantarke sound card. Data digital ini diproses oleh DSP (pengolah sinyal digital) melakukan pekerjaan dengan DAC (konversi digital ke analog). Setelah sinyal digital diubah menjadi sinyal analog, lalu sinyal analog ini diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

g. Port untuk Alat Input dan Alat Output 

Pada bab belakang dari kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Port ini digunakan untuk mengendalikan keluar masuknya data atau isu pada CPU. Jenis port ini di antaranya yaitu port USB, port printer, port VGA, port mouse, port keyboard, dan port untuk alat input atau alat output yang lain.

Untuk menentukan port mana yang ialah port mouse atau keyboard, kau tinggal mencocokan saja antara konektor yang terdapat pada ujung kabel mouse atau keyboard dengan port yang ada. Pada lazimnya , terdapat kecocokan antara warna konektor dengan warna port.

3. Media Penyimpanan Data 

Media penyimpanan data pada komputer terdiri dari harddisk, CD/DVD drive, dan floopy drive. Berikut ini yakni penjelasan dari masing-masing perangkat tersebut. 

a. Harddisk 

Harddisk merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menyimpan semua data maupun informasi. Tidak hanya untuk menyimpan data dan info, perangkat ini juga digunakan untuk menyimpan file dan folder yang sudah kamu buat, software penunjang, dan lain sebagainya.

Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang saat tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, umumnya terdapat lebih dari satu piringan untuk menambahkapasitas data yang mampu ditampung.

Dalam perkembangannya, harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil, tetapi memiliki daya tampung data yang kian besar. Kini, harddisk tidak hanya dapat terpasang di dalam CPU (internal) namun juga dapat dipasang di luar CPU (eksternal) dengan memakai kabel USB.

b. CD/DVD Drive 

CD/DVD drive merupakan komponen CPU yang berfungsi pada proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive mampu membaca dan menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan DVD drive dapat membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW, DVD-R, dan DVD-RW.

CD-R atau CD-RW yakni sebuah piringan dari jenis piringan optik (optical disc) yang mampu menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan pada CD-R atau CD-RW dapat meraih 700 MB atau 700 juta byte. 

CD-R bersifat read only (cuma mampu dibaca, dan tidak mampu ditulisi), sedangkan CD-RW bersifat rewrite (dapat ditulisi berulang-ulang). DVD-R atau DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CDRW, namun DVD-R atau DVD-RW dapat menyimpan data lebih banyak, yakni dapat meraih 4 GB (giga byte).

c. Floppy Drive 

Floppy drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dari disket (floppy disk). Disket atau floppy disk yaitu perangkat penyimpanan data yang berisikan sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan elastis dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling lazim adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), namun kapasitas bergotong-royong yaitu sekitar 1,38 MB.

4. Alat Output (Keluaran) 

Perangkat keras komputer yang berfungsi selaku alat keluaran (output) di antaranya yakni monitor, speaker, dan printer. Ayo cermati uraian berikut ini agar kamu memahaminya. 

a. Monitor 

Monitor berfungsi untuk memperlihatkan visualisasi hasil dari semua operasi yang terjadi di dalam CPU. Hasil keluaran atau output yang ditampilkan oleh monitor mampu berupa tulisan, gambar diam, maupun gambar bergerak atau animasi. Untuk ketika ini, monitor komputer berisikan beberapa macam, di antaranya yakni monitor CRT, monitor LCD, dan monitor plasma.

1) Monitor CRT 
 Monitor CRT (cathode ray tube) atau monitor tabung sinar katoda ialah jenis monitor yang pertama kali digunakan untuk teknologi komputer. Tabung sinar katoda didapatkan oleh Karl Ferdinand Braun, ialah suatu tabung tampilan yang banyak dipakai dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop. 

Tabung sinar katoda dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir masa 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD, dan bentuk teknologi TV lainnya. Bentuk monitor CRT cukup besar sehingga membutuhkan daerah yang agak luas untuk meletakkannya. Monitor CRT mempunyai layar cembung sehingga kurang baik untuk keperluan rancangan. 

2) Monitor LCD 
Monitor LCD (liquid crystal display) ialah jenis monitor yang memakai kristal cair sebagai penampil utama. Monitor LCD bentuknya sangat simpel karena tipis dan ringan sehingga tidak menghabiskan banyak kawasan untuk meletakkannya dan gampang untuk dibawa-bawa. Monitor LCD juga memiliki layar yang datar sehingga sangat pas dipakai untuk keperluan desain. 

Oleh karena itu, monitor LCD telah banyak dipakai untuk monitor komputer di perkantoran. Selain itu, LCD juga dipakai di dalam aneka macam alat-alat elektronika, seperti televisi, kalkulator, dan telepon seluler. 

3) Monitor plasma
Monitor plasma adalah monitor layar datar emisif yang cahayanya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh suatu pelepasan muatan plasma antara dua layar datar yang bahannya terbuat dari gelas.

b. Speaker 

Speaker berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran berupa suara. Speaker mampu mengganti sinyal elektrik ke frekuensi audio (bunyi) dengan cara menggetarkan komponennya yang berupa selaput.

c. Printer 

Printer ialah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang sudah dibuat. Dokumen-dokumen tersebut dapat berbentuksurat, buku, gambar, laporan, dan lain sebagainya. Printer lazimnya terbagi atas beberapa bab, yaitu tray selaku tempat menaruh kertas, picker selaku alat mengambil kertas dari tray, dan tinta atau toner sebagai alat pencetak bahu-membahu. 

Selain itu, ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi besar lengan berkuasa. Pada bab belakang printer biasanya ada port paralel atau USB sebagai penghubung ke komputer. Berdasarkan jenisnya, printer dibedakan menjadi tiga, yaitu selaku berikut: 
  1. Printer tinta Printer tinta melakukan pekerjaan dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cardridge ke kertas. 
  2. Printer dot matrik Printer jenis dot matrik memiliki pengetuk-pengetuk kecil yang berupa titik (pin). 
  3. Printer laser Printer laser melakukan pekerjaan mirip mesin fotokopi yang menyemprotkan serbuk tinta dengan versi pencahayaan. Kualitas hasil printer laser paling manis, namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.

Baca Juga
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url